News Update :

Cara Membuat Origami Ikan Mas

Monday, October 22, 2012

Salah satu origami berbentuk binatang yang sangat menarik untuk dibuat adalah origami ikan mas. Apalagi kalau bahan yang kita pakai, punya 2 warna yang berbeda (maksudnya warna depan dan belakang kertas berbeda). Nah untuk cara membuat origami ikan mas, seperti biasa kita persiapkan alat dan bahannya. Yang paling utama adalah kertas. Kita bisa pakai kertas yang masih bagus atau kertas bekas seperti kertas koran, atau kertas bungkus makanan. Tapi sebaiknya untuk belajar atau bagi yang masih pemula, gunakan kertas bekas aja dulu. Nanti setelah menguasai teknik membuat origami ikan mas, baru bisa menggunakan kertas yang lebih bagus, atau kertas khusus origami. Pesiapkan gunting untuk memotong kertas, trus crayon atau tinta air untuk menghias origami ikan mas yang berhasil kita buat. 

Berikut langkah-langkah cara membuat origami ikan mas :
1. Potong kertas dengan bentuk bujur sangkar/empat persegi panjang, dan lipat menurut garis diagonalnya.
2. Hasil lipatan pada langkah 1 dibuat garis tengah imajiner seperti pada gambar.
3. Kemudian bentuk lipatan lagi pada sisi kanan dan kiri seperti pada gambar, hingga akhirnya membentuk persegi empat lagi.
4. Setelah itu, lipat ke arah atas, pas di tengah-tengah persegi empat,
5. Bagian atas hasil lipatan langkah nomer 4, buat garis imajiner seperti pada gambar
6. Lipat ke arah kanan dan kiri sesuai petunjuk gambar untuk membentuk sirip dada origami ikan mas
7. Satu sisi kertas bagian bawah dilipat kearah atas,
8. Sisi bawah lainnya kita gunting dari arah kanan dan kiri, mengikuti haris tengah bujur sangkar tapi jangan sampai bertemu. kalo ga malah putus nanti...
9. Selah itu lipat kearah dalam.


10. Bikin garis imajiner di tengah-tengah kemudian lipat
11. Setelah itu putas seperti petunjuk gambar.
12. Perhatikan posisi sesuai gambar. Untuk membentuk ekor origami ikan mas, tinggal lipat kertas hasik guntingan tadi ke arah belakang/kanan.
13. Setelah ekor ikan mas terbentuk, itu artinya origami ikan mas kita sudah jadi. Tinggal kita hias dan percantik :)

Gimana hasilnya? bagus bukan? Nah, kalau kita sudah berhasil membuat origami ikan mas dan sudah menghiasnya, hasil origami tersebut bisa kita pajang di tempat favorit kita. Tapi jangan seperti origami hamster yang bisa kita pajang di kandang hamster gara-gara kita ga boleh memelihara hamster beneran, origami ikan mas cukup kita pajang di kotak transparan, jangan di pajang di akuarium beneran lo..nanti basah...lagian jikapun kita bisa membuat origami ikan mas dari bahan anti air yang bisa kita pajang di akuarium, nantinya juga bakal terapung, ga bisa tenggelam. kecuali di kasih pemberat ya ...hehehe Itu tadi tutorial cara membuat origami ikan mas. Silahkan gunakan waktu luang anda untuk membaca artikel lain tentang origami binatang lainnya atau bentuk origami lainnya. Selamat mencoba selamat berkreasi :)

Disatur dari artikel pintarorigami.blogspot.com, tentang : Cara Membuat Origami Ikan Mas
 

© Copyright Inilah Caranya 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.